|

8 Hal Harus dilakukan Setelah Artikel Blog Tayang

Sudah baca artikel 10 Hal yang Perlu dilakukan Sebelum Menayangkan Artikel Blog?

Menjadi seorang blogger bukanlah pekerjaan yang mudah dan simple. Dibutuhkan ketelitian, kesabaran dan banyak sekali kerja keras untuk menjadi blogger sukses

Kita tentu tidak ingin konten yang sudah dibuat dengan susah payah hanya tenggelam di lautan mesin pencari Google. Tidak ada gunanya bukan?

Sekarang kita perlu sedikit bekerja lebih keras untuk melakukan hal-hal penting apa saja setelah menayangkan artikel blog terbaru.  

Jangan merasa kalah sebelum bertanding. Memang terlihat melelahkan saat harus melakukan banyak hal sebelum dan sesudah ngonten.

Tapi yakinlah jika menerapkan hal-hal ini kita akan selangkah lebih dekat menuju kesuksesan. Jika sudah terbiasa dengan proses dan ritme nya, semua akan terasa lebih mudah.

Apa saja yang harus dilakukan setelah menayangkan artikel terbaru?

Share dan Bagikan ke Sosial Media

Setelah menayangkan konten, segera bagikan ke semua sosial media yang kita miliki seperti Facebook, Instagram, LinkedIn, Twitter, dll.

Selain langsung membagikan konten, kita juga bisa merepurpose konten khusus untuk sosial media. Mau lebih hemat waktu? Kita bisa menggunakan alat dan tools untuk menayangkan konten di sosial media seperti FB Meta Business Suite, Later, Hoosuite, Canva, dll.

Jangan hanya share link artikel saja ya, ada baiknya kita menyertakan sedikit ringkasan tentang artikel tersebut sehingga bisa membuat orang tertarik untuk mengklik link yang kita bagikan.

Kirimkan email ke mailing list

Jika kita memiliki mailing list subscriber, kita bisa mengirimkan email kepada para subscriber tentang konten terbaru. 

Perlu diingat bahwa ada beberapa orang yang mungkin akan merasa terganggu jika kamu mengirimi mereka email setiap hari. Lalu bagaimana kalau kamu aktif menulis dan membuat postingan baru hampir setiap hari? Cara terbaik yang bisa kamu coba adalah buat jadwal email, misal seminggu sekali di hari tertentu dan kamu membuat daftar judul tentang apa saja yang sudah kamu publish minggu itu.

Buat Pin di Pinterest

Pinterest dikenal sebagai Visual Search Engine. Atau mesin pencarian menggunakan Gambar.  Yang harus kamu lakukan adalah :

  • Buat grafis yang menampilkan judul artikel kamu dengan secara menonjol. Kamu bisa menggunakan aplikasi serbaguna : Canva untuk membuatnya.
  • Pin ke board milik kamu. Jangan lupa untuk menulis deskcripsi sesuai dengan SEO
  • Pin ke group board

Kamu bisa melakukan ini secara manual atau menggunakan aplikasi penjadwal konten seperti Tailwind.

Bagikan ke Grup

Kamu pasti bergabung dengan berbagai grup di Facebook atau Linkedin. Jika grup yang kamu ikuti tidak membatasi membernya untuk membagikan link, kamu bisa membagikan postingan kamu ke grup tersebut.

Buat kalimat singkat yang relevan dengan isi blog dan akhiri kalimat dengan pertanyaan supaya mengajak member lain untuk berinteraksi dalam postingan kamu.

Membalas Komen

Sebagai blogger kadang kita terlalu sibuk dan tidak memiliki waktu untuk membalas komen. Tapi kamu sudah menuangkan banyak waktu, tenaga dan pikiran untuk membuat konten kamu, dan ketika ada pembaca yang menghargai kerja kerasmu dengan meninggalkan komen, tak ada salahnya untuk lebih menghargai pembaca dengan membalas komen mereka. 

Selain meningkatkan hubungan kepercayaan dan membuat pembaca nyaman berinteraksi di kolom komen, membalas komen pembaca juga akan meningkatkan ranking kamu di mesin pencarian.

Pelajari hasil analytic

Setidaknya satu kali dalam sebulan (awal bulan misalnya) kamu mengecek bagaimana hasil performa blog kamu di Google Analytic. 

Kamu akan dapat melihat bagaimana postingan blog seperti apa yang menarik traffic, postingan seperti apa yang memiliki konversi tinggi/rendah, dan lain sebagainya. Informasi-informasi ini akan membantu kamu dalam memperbaiki blog kamu. Kamu akan tahu sebaiknya hal apa saja yang lebih sering kamu bagikan dalam blog kamu.

Repurpose Konten

Kita sudah pernah mengulas tentang repurpose konten di artikel yang berjudul 10 Tips Repurpose untuk Blogger. 

Setelah kamu publish segera repurpose konten tersebut ke berbagai media seperti podcast, youtube, dll. Tidak harus langsung segera diposting , tapi bisa kamu simpan dan gunakan sewaktu-waktu kamu ingin menaikkan traffic blog melalui konten tersebut. 

Revisi jika diperlukan

Setelah beberapa bulan berlalu pastikan untuk mengecek postingan blog kamu yang lama, karena dengan seiringnya waktu mungkin ada beberapa perubahan yang membuat isi konten kamu menjadi outdated.

2 bulan sekali cobalah untuk mengupdate konten kamu. Di saat yang bersamaan kamu juga bisa mengoptimasi SEO dengan mengubah kata kuncinya. Oh ya, jika kamu menyertakan grafis pada konten kamu, pastikan grafis tersebut juga selalu up to date.

Nah itu tadi list beberapa hal yang harus kamu lakukan setelah kamu mempublish konten kamu. Yah.. memang terlihat butuh ekstra kerja keras dan waktu. Tapi jika kamu sudah terbiasa dan memiliki ritme, semua akan terasa lebih mudah. Dan pastinya blog kamu akan berkembang menjadi lebih baik lagi.

Jika kamu merasa artikel ini membantu kamu, jangan lupa share ya.. Dan juga tinggalkan komen atau pertanyaan di kolom komentar.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *