Cara Membuat Blog yang Menarik dan Profesional

Membuat blog yang menarik dan profesional.

Blogging saat ini menjadi salah satu aktivitas yang cukup ngetrend di kalangan pengguna internet. Platform blogging pun sekarang banyak bermunculan.

Blogspot dan WordPress, dua platform raksasa ini masih menjadi primadona di kalangan para pengguna blog.

Tak sedikit yang menggunakan blogging sebagai sarana menghasilkan income. Tapi tak sedikit pula yang merasa putus asa dan kehilangan harapan ketika blog mereka sepi pengunjung. Rasanya pasti sangat kecewa ketika blog yang sudah dimulai dengan penuh semangat tapi berakhir tak sesuai harapan. Apalagi sudah mengeluarkan uang untuk investasi pembelian domain dan hosting.

Apakah blogmu mengalami hal yang sama? Jika blog masih sepi pengunjung, jangan cepat putus asa. Sepi pengunjung merupakan hal yang wajar bagi para blogger pemula. Tidak ada salahnya untuk belajar membuat tampilan blog kita lebih menarik lagi, agar semakin banyak pengunjung yang betah berselancar di blog kita.

Apa saja yang bisa kita lakukan untuk membuat blog kita menarik tapi tetap professional dan menghasilkan uang? Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk membuat blog kita menarik dan profesional, beberapa diantaranya adalah :

Customized Tampilan Blog

Mungkin saat ini blogmu masih menggunakan template bawaan, atau masih menggunakan template yang terbilang “standar”. Hal pertama yang akan pengunjung perhatikan ketika mengunjungi blog kita adalah tampilan visual blog kita.

Desain tema dan tampilan visual blog akan sangat mempengaruhi kesan pertama pengunjung terhadap blog kita. Jangan segan untuk meluangkan waktu lebih untuk memilih theme dan tema blog yang tepat.

Banyak sekali tema tema yang menarik dan gratis yang bisa kamu pilih , tapi jangan lupa, tema yang kamu pilih harus sesuai dengan niche blog kamu. Pilih desain tampilan yang relevan dengan niche kita dan memberikan nuansa yang sejalan dengan niche kita. 

Ada beberapa website penyedia template atau desain tema  yang bisa kamu coba kunjungi, beberapa diantaranya adalah:

WordPress: WP Astra, Ocean WP, Blocksy, Themeforest, GeneratePress, Colorlib.

Apabila kamu pengguna Blogger, kamu bisa mencoba mengunjungi : csauthor.com, templatelib.com atau soratemplates.com

Membuat Konten yang Menarik

Salah satu cara untuk membuat blog menarik adalah dengan membuat konten yang bisa memikat pembaca. Konten yang menarik disini bukan berarti harus merupakan tulisan dengan isi berita atau gosip terbaru ya.

Honestly speaking, saat seseorang membaca artikel dan konten kita, dia tidak akan tertarik dengan siap sih kita yang mempunyai blog. Tapi dia akan lebih tertarik ke “isi” dari konten yang dia baca. Apakah konten tersebut bisa memberikan solusi atas masalah yang sedang dia hadapai. Kalau jawabannya “iya” bagi pembaca ini, konten kita sangat menarik. Dia tidak akan ragu untuk membagikan artikel kita atau bahkan memberikan komentar dan feedback.

Beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk membuat konten blog lebih menarik adalah :

Menambahkan gambar dan image pada konten artikel

Hal ini akan lebih menarik minat pembaca daripada kalau hanya berupa tulisan yang panjang dan tanpa gambar.

Tentukan target pembaca dan gunakan gaya bahasa yang sesuai

Misal, kalau target pembaca kamu adalah ibu-ibu yang yang berusia 40 tahun keatas, kamu perlu sedikit menggunakan gaya bahasa yang formal. Lain halnya kalau niche kamu tentang fashion dan target pembaca adalah anak muda, tak ada salahnya menggunakan gaya bahasa yang lebih santai “gue” atau “kamu”. 

Buat tulisan yang “added value” untuk para pembaca

Kebanyakan para pembaca membaca blog dengan tujuan untuk mencari solusi atau sedikit pencerahan atas permasalahan atau isu yang mereka hadapi. Mereka sedang mencari jalan keluar, oleh karena itu mereka membuka mesin pencari dan mengetikkan kata kunci di search bar. Konten dan Isi tulisan kamu harus bisa memberi manfaat bagi para pembaca, bukan hanya sekedar klik bait dan artikel yang tidak mempunyai makna.

Ikuti perkembangan niche

Usahakan untuk selalu update dan memberikan informasi terbaru seputar niche blog kamu. Hal ini bertujuan agar pembaca  langsung menuju ke blog kamu ketika mereka merasa ingin membaca informasi terkini seputar topik tersebut. 

Konsisten

Selalu menulis dengan konsisten, setidaknya dalam satu minggu ada 1 postingan baru dalam blog kamu. Kalau kamu tidak konsisten atau pun kurang aktif dalam hal frekuensi penulisan jumlah pengunjung akan berkurang secara perlahan. Teruslah aktif menulis seperti saat di awal-awal pembuatan blog.

Engage dengan pembaca

Jika ada pemngunjung yang membaca artikelmu dan memberikan komentar atau feedback, usahakan untuk selalu membalas komentar mereka dengan baik dan sesuai dengan apa yang mereka komentari.

Gunakan Widgets dan Plugins dengan Bijaksana

Pilih widgets dan plugins yang memang dibutuhkan untuk blog kamu. Jangan menambahkan widget yang tidak perlu ke dalam blog kamu hanya karena kamu bisa bebas memasang widget apa saja. Halaman  blog yang penuh dengan widget yang tidak dibutuhkan akan sangat mengganggu fokus pembaca.

Pilihlah widget yang memang diperlukan, dan juga sangat penting untuk mempertimbangkan “positioning” atau penempatannya. Widget dengan positioning yang tepat selain akan membuat blog lebih menarik, juga akan menimbulkan kesan profesionalitas dari blog kita.

Belajar SEO

SEO (Search Engine Optimization) adalah hal yang sangat perlu dipelajari apabila kamu ingin blogmu mendapat peringkat dari Google. Apalagi kalau kamu ingin blogmu menjadi blog yang dapat menghasilkan uang, mempelajari SEO sangatlah penting.

Ketika kamu menerapkan teknik SEO dengan benar, blogmu akan selalu tampil di posisi teratas hasil pencarian Google. Hal ini tentu saja akan menarik pengunjung dan traffic lebih banyak.

Teknis SEO sendiri sangat dinamis alias sering berubah. Artinya, hal yang kamu terapkan saat ini agar blogmu muncul di halaman pertama Google, mungkin tidak berlaku lagi tahun depan. Oleh karenanya sangat penting untuk selalu mengikuti perkembangan SEO. Bergabung dengan forum atau group yang membahas tentang SEO akan sangat mendukung.

Optimalkan sosial media

Kamu tentu memiliki sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter atau sosial media lainnya. Jangan ragu menggunakan sosial media sebagai media untuk memperluas jangkauan pembaca dan audiens.

Caranya? Bagikan link artikel terbaru di sosial media, atau rekomendasikan artikelmu apabila ada yang sedang mencari tentang topik tertentu yang pernah kamu tulis.

Kesimpulan

Ada banyak faktor yang membuat blog kita menjadi blog yang menarik dan profesional dan dengan sendirinya bisa menarik pengunjung. Selain penampilan yang menarik, pastinya ada faktor SEO.

Tapi yang paling utama adalah konsistensi kita dalam menulis topik yang sesuai niche. Memang hal ini akan membutuhkan kesabaran dan juga ketekunan sebelum kita bisa memetik hasil dari kerja keras kita dalam membangun blog kita dari 0. Jadi jangan menyerah dan tetap terus berkarya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest