8 Cara Promosi Produk Afiliasi Marketing Untuk Pemula

Affiliate marketing atau marketing afiliasi adalah salah satu metode untuk mendapatkan pemasukan pasif paling efektif bagi mereka yang memilih untuk berkecimpung di dunia digital alias online.

Semakin berkualitas program afiliasi yang kita ikuti, harapannya akan semakin banyak pula pemasukan dan income pasif yang akan kita dapatkan. Betul atau betul?

Yang sering menjadi pertanyaan adalah : Bagaimana cara mempromosikan program atau produk afiliasi? Dimana atau via media apa saja kita bisa mempromosikan produk afiliasi secara online? 

Dengan kita mengetahui lebih banyak media promosi, akan lebih banyak klik yang didapatkan dan juga diharapkan terjadi konversi penjualan yang meningkat.

Quick Review: Affiliate Marketing

Sedikit penjelasan tentang Affiliate Marketing sebelum kita lebih lanjut mengulas bagaimana cara promosinya.

Affiliate marketing atau marketing afiliasi adalah suatu proses untuk mendapatkan penghasilan dengan cara mempromosikan dan menjual suatu produk atau jasa. Kita akan memperoleh link khusus (link referal atau link afiliasi) yang bisa digunakan untuk mempromosikan dan menjual produk afiliasi. Dari setiap terjadinya penjualan yang ter record dari link afiliasi tersebut, kita akan mendapatkan komisi. Besaran berapa nominal atau prosentase komisi tergantung dari kebijaksanaan brand atau perusahaan pemilik produk atau jasa.

Afiliasi marketing menjadi primadona karena kita tidak perlu repot dengan segala proses pengadaan barang, stok ataupun pengiriman. Apalagi kalau produknya adalah produk digital seperti hosting dan domain ataupun theme blog atau juga membership Canva Pro. Lebih efisien dan lebih mudah.

Cara Mempromosikan Produk Afiliasi

Saya menemukan bahwa salah satu tantangan utama bagi para pemula dalam bidang afiliasi marketing adalah bahwa mereka tidak tahu bagaimana cara mempromosikan produk afiliasi mereka.

Jika kamu mempunyai bisnis affiliate tapi belum tahu harus memulai di mana dan dari mana untuk mempromosikan produk afiliasimu, baca artikel ini hingga selesai.

Blog

Blog adalah salah satu media yang berpotensi bagus untuk mempromosikan produk afiliasi secara online. Jika memiliki blog dengan trafik bulanan yang tinggi maka kita bisa menyelipkan atau insert link afiliasi melalui konten artikel, banner, atau sidebar. Banyak blogger terutama blogger bule yang mengandalkan pemasukan hanya dari pendapatan afiliasi. Salah satunya adalah Pat Flynn.

Mengapa blog menjadi media yang tepat untuk mempromosikan produk afiliasi? Ini alasannya: 

  • Dengan menggunakan blog, kita bisa menyampaikan berbagai informasi sekaligus manfaat produk afiliasi kepada audiens dengan lebih mudah.
  • Blos bisa menjadi personal branding yang baik. Dengan semakin bertambahnya audiens, kita mempunyai kolam yang aktif atau hot prospect.
  • Blog bisa memberikan potensi pemasukan pasif, kita tidak perlu menambahkan link afiliasi produk yang sama secara terus menerus.

Belum memiliki blog? Baca cara membuat blog di artikel ini:

Yuk buat, kamu bisa membaca artikel tentang 15+ Cara Kreatif Mendapatkan Income dari Blog.

Baca juga: Cara membuat blog yang menarik dan profesional.

Bagaimana cara promosi produk afiliasi melalui blog ?

Sangat mudah jika kita memiliki niche dan topik yang sesuai dengan produk afiliasi yang kita punya. Kita hanya perlu membuat konten yang menarik dan bermanfaat, lalu masukkan (insert) link afiliasi ke artikel tersebut. 

Pembaca akan membaca artikel tersebut beserta link afiliasi dan banner yang kita sematkan. Karena produk afiliasi yang kita tawarkan adalah produk yang relevan dengan audiens dan pembaca maka akan tinggi kemungkinan mereka mengklik link tautan afiliasi dan membeli produk afiliasi tersebut. 

Contoh dahsboard afiliasi Canva

Sebagai contoh jika kita memiliki blog dengan niche tentang blogging, artikel-artikel dengan topik how to atau tips akan sangat potensial. Contohnya:

Kita juga bisa membuat artikel komparasi atau perbandingan, membandingkan beberapa produk afiliasi serupa. Artikel ini akan memberikan informasi berkualitas yang dibutuhkan audiens sekaligus memberikan kemudahan bagi para audiens untuk menentukan produk mana yang mereka butuhkan. Jangan lupa untuk menghighlight kelebihan produk afiliasi kita 🙂

Youtube

Hampir 5 juta video ditonton di YouTube setiap harinya, dan ini adalah peluang yang sangat bagus untuk mempromosikan produk afiliasi kita. Mungkin terdengar angkanya fantastis banget, tapi ini kenyataannya. YouTube adalah sumber bagi kita mencari audiens yang tepat melalui konten video.

Bagaimana cara mempromosikan produk afiliasi dengan YouTube?

Cara pertama yang cukup mudah adalah dengan menuliskan link afiliasi di deskripsi video. Pastikan untuk menyebutkan secara langsung di video tentang link yang ada di kolom deskripsi. Gunakan visualisasi yang menarik dan sesuai ketika menyebutkan tentang link afiliasi tersebut.

Cara kedua adalah dengan menggunakan YouTube annotation. Ini adalah box transparan yang muncul pada waktu dan tempat yang telah ditentukan pada YouTube video. Setiap box terhubung dengan hyperlink, ini akan menjadi tempat yang sangat sempurna untuk penempatan link afiliasi. Untuk hasil yang maksimal, gunakanlah kedua cara tersebut secara bersamaan.

Facebook

Kita bisa menggunakan Facebook personal ataupun Facebook business (page) untuk mempromosikan produk afiliasi.

Pastikan kita tidak spamming link afiliasi di postingan Facebook. Tujuan utama kita bukanlah orang akan langsung membeli tapi bagaimana untuk meyakinkan pembaca atau follower Facebook untuk klik link terlebih dahulu.

Kita bisa membuat postingan yang menarik atau mengedukasi dan memasukkan link afiliasi ke dalam postingan tersebut.

Instagram

Kita juga bisa banget mempromosikan produk afiliasi menggunakan Instagram.

Lalu bagaimana caranya agar audiens IG bisa membeli produk afiliasi kita? Tambahkan link di bio profil seperti ini https://linktr.ee/indri.ariadna

Sebutkan nama produk afiliasi serta linknya. Pastikan untuk selalu mengarahkan audiens untuk mengklik link yang ada di bio di setiap postingan IG kita.

Note : jika memiliki lebih dari 10k follower di IG, kita bisa menambahkan link di IG stories. 

Pinterest

Pinterest layaknya surga bagi para marketer online. Kalau belum terlalu familiar dengan Pinterest, kamu harus mulai sering-sering browsing menggunakan Pinterest dan lihat bagaimana cara kerjanya. Pinterest adalah search engine atau mesin pencari yang menampilkan gambar alih-alih artikel seperti Google.

Menurut hasil riset : Lebih dari 400 juta orang menggunakan Pinterest setiap bulannya untuk menemukan ide dan melakukan pembelian mereka. 

Ini adalah alasan utama mengapa kita harus mulai melirik Pinterest.

Alasan lain adalah, Pinterest mengijinkan link afiliasi untuk disematkan, yang berarti kita bisa langsung menghubungkan pins dengan penawaran afiliasi. 

Sebagai catatan, ada beberapa program afiliasi yang tidak mengijinkan penggunaan Pinterest (seperti Amazon). Selain itu, pihak Pinterest sendiri memiliki beberapa peraturan yang harus dipenuhi agar kamu tidak di banned oleh Pinterest karena terindikasi spamming link afiliasi.

Trik yang bisa digunakan adalah mengunggah pins postingan blog dan promosi afiliasi dengan fresh pins. Jadi bisa selang seling pins sehingga tidak terindikasi melakukan spamming.

Langkah awal yang perlu dilakukan promosi melalui Pinterest adalah dengan membuat Pinterest business profile. Setelah itu, buat pin yang menarik perhatian dan hubungkan dengan link afiliasi dan juga tambahkan link tersebut di deskripsi board. 

Jangan lupa untuk mengoptimalisasi kata kunci agar pin akan selalu muncul dalam pencarian. 

Menggunakan Pinterest membutuhkan kesabaran, kita mungkin tidak akan langsung menuai hasil di hari pertama. Tunggu hingga sebulan dan lakukan review jika hasilnya belum sesuai dengan harapan. 

Email Newsletter

Jika memiliki blog, salah satu cara untuk mempromosikan konten blog dan juga produk afiliasi adalah dengan menggunakan Email Newsletter.

Email newsletter adalah cara yang efektif untuk menarik traffic ke blog, membagikan dengan mudah konten terbaru dengan para audiens, dan juga untuk mempromosikan produk afiliasi. 

Ketika pembaca dan calon konsumen mendaftar atau sign up, mereka mencari konten yang akan membantu mereka dan menjawab pertanyaan yang mungkin mereka miliki. Ini adalah jalur yang sangat penting untuk memasukkan link afiliasi atau menginformasikan kepada mereka bahwa kita memiliki program afiliasi.

Kunci kesuksesannya adalah hindari memposting link afiliasi secara berlebihan. Fokuslah pada tujuan utama untuk membantu audiens menyelesaikan dan menjawab pertanyaan mereka, kemudian sisipkan dan tambahkan link afiliasi produk yang bermanfaat membantu persoalan mereka. 

Cara lain adalah dengan menempatkan link afiliasi di akhir email (email signature) sebagai pengingat dan informasi bagi para network.    

Webinar

Jika memiliki pengetahuan yang bisa dibagikan sehubungan dengan produk afiliasi, kita bisa mengadakan webinar dan melakukan promosi produk afiliasi.

Seperti halnya dengan event tatap muka langsung atau workshop, webinar bisa membantu brand untuk terhubung dengan audiensnya secara lebih intens dan mendalam. Webinar akan memberi gambaran lebih jelas tentang apa yang bisa kita tawarkan melalui produk tersebut. 

Selain itu, melalui webinar kita juga bisa menambah anggota email list. Jangan lupa untuk terus memantau dan terhubung dengan para audiens bahkan ketika event telah berakhir. 

Quora 

Jika tidak memiliki blog, YouTube atau Instagram, kamu bisa mencoba menggunakan Quora sebagai media promosi kamu.   

Apakah Quora?

Quora adalah forum tanya jawab online dimana orang-orang dari seluruh penjuru dunia menanyakan pertanyaan mereka dan orang lain akan memberikan jawaban.

Mengapa Quora?

Dengan lebih dari 500 juta pengunjung per bulan kita bisa menemukan target audiens di Quora.com dan mulai menjawab problem serta keberatan orang-orang yang berhubungan dengan produk afiliasi yang kita jual.

Bagaimana cara mempromosikan produk afiliasi di Quora?

Hal pertama adalah membuat akun Quora dan pastikan mengisi setiap detil informasi untuk profil. Kita harus menunjukkan bahwa kita memiliki pengetahuan yang luas di niche tertentu sehingga orang-orang akan mempercayai dan bahkan membeli produk yang kita rekomendasikan.

Setelah menyetting profil Quora, cari pertanyaan yang relevan dan kemudian kirimkan jawaban sekaligus sisipkan manfaat produk afiliasi kita. Berikan jawaban yang bermutu (jangan asal-asalan ya) dan kemudian secara halus tawarkan produk afiliasi dalam jawaban tersebut. Jangan terlihat seperti semata-mata kamu hanya menawarkan produk, berikan jawaban yang membantu dan tawarkan secara natural.

Jangan pernah copy-paste jawaban dan jangan spamming atau akun akan di banned. Coba untuk menjawab 10-20 pertanyaan sehari dan lihat hasilnya.

Kesimpulan

Program afiliasi marketing mungkin memang terlihat menyita waktu dan melelahkan. Tapi ada banyak sekali platform dan juga kesempatan dimana kita bisa mempromosikan program afiliasi tersebut. Kita bahkan bisa memulainya sekarang juga dengan Facebook, Instagram atau Quora. 

Nah, semoga beberapa cara promosi yang sudah dibagikan di atas bisa membantu untuk mendapatkan pangsa pasar dan audiens yang sesuai dengan program afiliasimu, dan juga semoga kamu bisa mulai menghasilkan pendapatan dari program afiliasi pilihanmu.

Jika kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut jangan segan untuk tinggalkan komen, kita bisa ngobrol disana 🙂

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.