5 Elemen yang wajib Ada di Laman “About Me”

Salah satu halaman yang cukup penting dalam website dan blog adalah halaman “Tentang Saya” atau “About Me”.

Page atau laman ini juga merupakan salah satu halaman yang paling sering dikunjungi. Di halaman About Me inilah kita bisa bercerita tentang diri kita, proses, dan apa tujuan blog yang kita kembangkan ini.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Blog untuk Pemula

Laman tentang saya atau about me bisa membuat brand terkesan lebih “manusiawi’ dan membantu membangun kepercayaan serta koneksi dengan audiens. Seperti berkenalan di dunia nyata, demikianlah kita berkenalan dengan audiens menggunakan laman about me.

Karena laman about me adalah laman yang penting, tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu, pikiran, kreativitas dan juga usaha yang lebih dalam membuat halaman ini.

Walaupun judul laman adalah About Me, bukan berarti kita harus membuka segalanya tentang diri pribadi di laman ini, dari tanggal lahir, alamat, hobi, sampai nomor KTP. No! Jangan ya 🙂

Halaman About Me harusnya berisi tentang apa bisnis kita, goals dan tujuan blog serta memberikan gambaran tentang apa yang bisa didapatkan audiens dari saat mereka membaca blog.

5 Elemen yang wajib ada di laman About Me

Perkenalan

Boleh banget memperkenalkan tentang diri kita, tapi ingat untuk tidak berlebihan. Ada perbedaan yang cukup besar antara memperkenalkan diri dan “tjurhat.” Ketahui bahwa ada hal-hal yang bersifat pribadi dan privasi yang tidak layak dibagikan ke semua orang. 

Pembaca pastinya ingin mengenal tentang penulis dibalik blog, oleh karena itu mereka mengunjungi halaman About Me. Kita bisa mulai dengan memperkenalkan diri dan berikan info dasar seperti pengalaman kerja sebelumnya, pekerjaan saat ini, domisili, dan achievement yang sudah dicapai.

Artikel menarik: Memilih Hosting Terbaik

Akan lebih bagus lagi jika kita bisa menambahkan hal yang bersifat personal dan menarik tentang diri kita. Contohnya, saya seorang freelance dan penulis, juga stay at home mom yang tidak bisa lepas dari kopi dan kucing.

Pasti ada sebagian dari pembaca yang memiliki pengalaman yang mirip atau bahkan sama dengan kita, mungkin sesama stay at home mom atau sesama pecinta kopi. Ini akan membuat kita semakin dekat dengan para pembaca.

Pastikan menulis sesuatu yang unik tapi jujur dan relatable mengenai diri kita.

Perkenalkan Blog & Bisnis

Ingat memperkenalkan blog, brand ataupun bisnis adalah tujuan utama dari adanya laman About Me. Jelaskan apa saja yang bisa pembaca dapatkan atau servis apa yang kita tawarkan kepada pembaca di halaman about me ini. Nah, contoh service yang saya tawarkan ada di laman ini, Indri Ariadna Services.

Kita bisa menjelaskan tentang hal apa saja yang membuat brand kita unik, bagaimana bisnis ini dimulai, ideologi di balik brand atau apa yang membuat pembaca harus memilih brand dan service kita. Tapi ingat, kita harus melihat dari sudut pandang pembaca dan biasanya mereka akan lebih tertarik dengan “untungnya apa buat saya?” Jadi, jelaskan kelebihan dan manfaat apa saja yang akan pembaca dapatkan dari konten, produk atau jasa yang kita tawarkan.

Testimoni atau Studi Kasus

Kita juga bisa menempatkan satu atau dua testimoni tentang bagaimana konten, produk atau jasa kita telah membantu pelanggan atau client. Atau bisa juga sekilas penjelasan tentang studi kasus yang pernah kita tangani dan kerjakan tentang problem dan permasalahan tertentu yang bisa kita selesaikan dengan baik.

Gunakan testimoni yang jujur dan tempatkan testimoni tersebut di bagian yang strategis. Beri ajakan halus untuk subscribe atau membeli produk dan jasa yang kita tawarkan. 

Bagikan Freebies 

Halaman About Me adalah tempat yang tepat untuk mengajak pembaca menjadi subscriber. Ingat bahwa tujuan utama halaman About Me adalah memperkenalkan brand, service, dan produk kepada para audiens. Cara yang paling mudah untuk mengajak audiens menjadi subscriber adalah dengan cara memberikan Freebies. Jika blog kita adalah food blog atau mempunyai topik tentang makanan, kita bisa bagikan printables berupa template buku resep atau ingredients. Audiens harus subscribe dulu agar bisa mengunduh printable gratis ini. 

Call to Action (CTA)

Yang terakhir, laman About Me harus memiliki link ke media sosial serta ajakan supaya audiens mau mengikuti sosial media kita. Seperti yang kita tahu, media sosial adalah cara yang hebat untuk selalu terhubung. Selain itu jika audiens mau mengikuti dan follow media sosial kita, mereka akan memiliki pemahaman yang lebih tentang kita.

Menambahkan formulir kontak disertai CTA (call to action) juga bisa kita masukkan ke dalam laman about me. Ajakan supaya audiens mau berkirim komentar, feedback, subscribe, download freebies, ini semua termasuk call to action.

Memang tidak ada teori yang pasti tentang bagaimana seharusnya halaman About Me yang efektif. Akan tetapi setidaknya jika kita menerapkan poin-poin yang sudah disebutkan, laman About Me akan memiliki manfaat yang jauh lebih besar dan juga membantu kita untuk selalu terhubung dengan audiens. Tambahkan kreativitas dan personalitas, maka halaman About Me akan menjadi sempurna. 

25 thoughts on “5 Elemen yang wajib Ada di Laman “About Me””

  1. Jika blog merupakan food blog atau mempunyai topik tentang makanan, bisa bagikan printables berupa template buku resep atau ingredients … ini salah satu contoh yang menarik untuk ditampilkan di laman About Me. Dulu banget saya pernah membagikan PDF tapi gak terpikirkan untuk mencantumkan di laman About Me …. ternyata bisa ya.

    Reply
  2. Jadi tahu bisa diapain saja lama About Me kita…dirimu memang selalu mencerahkan idenya Mbak Indri. Benar, Abot Me jangan sampai jadi wakil KTP hehe… tapi lebih ke mengenalkan kita dari sisi profesionalitas.Thanks for sharing:)

    Reply
  3. Ide cemerlang banget, kak..
    Dengan menambahkan banyak benefits ketika seseorang berkunjung, seperti di dunia nyata yang memberikan hadiah ketika berkunjung. Ini tentu menjadi daya tarik luar biasa. Apalagi blognya berisi informasi yang dibutuhkan.

    Reply
  4. Ini yang masih belum ada dalam blog saya, portofolio diri pun belum lengkap. Pelan-pelan semoga blog jadi lebih hidup. Terimakasih atas sarannya. Sempat bingung mau menuliskan apa, apalagi untuk branding diri.

    Reply
  5. call to action emang salah satu yang terpenting ada di about me ya mbak. Biar bisa saling kenal dan akrab dengan para pembaca. Terima kasih banyak atas informasinya.

    Reply

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.