9 Langkah Mudah Membuat Blog untuk Pemula

Step by step dan langkah mudah membuat blog untuk pemula.

Pernah gak sih ketika sedang santai sembari menikmati kopi atau teh pada suatu sore (ciiieee) tiba-tiba terbersit keinginan untuk membuat blog? Tiba-tiba saja gitu.

Ngeblog untuk sekedar berbagi cerita tentang keluarga, rekam jejak tumbuh kembang anak, review produk, atau mungkin ingin menjual produk dan jasa secara online?

Tapi sayangnya Anda belum tahu bagaimana cara membuat blog. Apakah nanti proses ngeblog akan sulit?

Bagaimana kalau blognya nanti tidak ada yang baca dan sepi pengunjung?

Bagaimana caranya agar orang tertarik membaca isi blog kita? Belum lagi pertanyaan teknis semacam apa itu hosting? Platform blogging apa yang harus dipakai? 

Ada banyak sekali pertanyaan yang kemudian membuat kita ragu dan enggan untuk memulai sebuah blog. Hingga pada satu titik, membuat dan mempunyai sebuah blog hanya menjadi sebuah wacana.

Padahal, banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari menulis blog. Selain untuk aktualisasi diri, berbagi pikiran dan ide, kita sangat bisa menambah pemasukan melalui blog.

Langkah Memulai Blog untuk Pemula

Mari ikuti saya mengulas segala hal tentang bagaimana membuat blog khususnya buat yang masih pemula. Semoga artikel ini bisa menjawab semua pertanyaan dan keraguanmu untuk memulai sebuah blog.

Dengan segala kemudahan teknologi pada saat ini, cara membuat blog itu sangatlah mudah dan simple. Disini saya akan membagikan 11 langkah mudah bagaimana membuat blog.

Tentukan Niche atau Topik Utama

Sebelum kita memulai membuat blog, kita harus menentukan dulu kira-kira topik apa yang akan kita tulis di blog nantinya.

Baca juga: Cara Memilih Niche yang Profitable

Apakah Anda ingin menggunakan blog untuk tujuan personal seperti berbagi curhat, review film, review skincare atau apakah ingin menggunakan blogmu sebagai media untuk mempromosikan produk atau menawarkan jasa?

Atau ngeblog karena ingin menjawab pertanyaan orang-orang akan topik tertentu? Atau ngeblog karena tertarik untuk dapat penghasilan dari blog?

Banyak sekali hal yang bisa ditulis dan lakukan di blog, tapi ada baiknya untuk tetap berpegang pada satu topik besar (utama) di satu blog.

Mengapa satu topik besar? Karena dengan menuliskan satu pokok tema atau fokus di satu niche tertentu, Google atau mesin pencari akan lebih mudah memahami blogmu berbicara tentang apa.

Jika Google bisa memahami topik blogmu dengan baik, kesempatan untuk mendapat ranking dan peringkat dari Google akan semakin besar.

Pilih topik yang menarik, populer, selalu dicari orang dan tentunya Anda juga harus menguasai topik tersebut. Kalau memutuskan untuk mendapatkan income dari blog, cari topik yang memang sudah terbukti bisa menghasilkan banyak traffic dan bisa di monetisasi.

Hampir semua topik dapat menghasilkan pemasukan untuk penulisnya, tapi bagaimana Anda bisa mengelola topik tersebut agar dapat terus mendapat pemasukan adalah hal yang lebih penting.

Misalnya, banyak yang berpendapat blog dalam bidang kuliner memiliki prospek yang bagus, tapi Anda sendiri tidak paham dan tidak tertarik dengan dunia kuliner. Apa yang akan terjadi kalau memaksakan diri untuk menulis tentang kuliner?

Tentunya Anda akan cepat merasa bosan, menghabiskan waktu untuk melakukan riset tulisan untuk blog akan terasa sangat menyiksa dan akan sulit untuk menemukan hasrat untuk terus menulis di blog.

Jadi pastikan untuk menulis hal yang membuatmu tertarik dan juga dikuasai. Jangan takut di awal bahwa Anda tidak akan menemukan pembaca, seiring berjalannya waktu pasti akan ada pangsa pasar tersendiri untuk tulisan-tulisanmu. 

Tentukan Nama Domain

Nama domain memegang peranan yang cukup penting dalam blog kita.  Nama blog yang simple dan sesuai dengan niche kita akan lebih mudah di ingat oleh para pembaca.

Saat sudah mendapatkan ide untuk nama domain, ada baiknya untuk mengecek terlebih dahulu ketersediaan nama domain yang sudah dipilih, bisa dicek di : Hover.com atau HawkHost.

Apabila menggunakan domain berbayar, Anda bisa memilih ekstensi domain. Apakah akan menggunakan ekstensi .com , .id , .me atau lainnya.

Ada baiknya memilih ekstensi .com. Selain jangkauannya lebih luas, kebanyakan dari para pengguna internet sudah terbiasa untuk mengetik .com pada nama domain dan blog yang mereka tuju. 

Pilih Platform

Ada banyak sekali pilihan platform blog yang bisa dipilih. Beberapa platform blog populer adalah: 

Blogspot 

WordPress.com

WordPress.org

Wix

Tumblr

Weebly

Dari ke enam platfom blog ini, tiga diantaranya sudah sangat populer di kalangan para blogger. Juga terbilang mudah penggunaannya, bahkan untuk blogger pemula sekalipun.

Dibawah ini perbandingan tiga platform blog populer agar bisa mendapat gambaran lebih jelas sebelum menentukan pilihan platform blog.

BLOGSPOTWORDPRESS.COMWORDPRESS.ORG
Nama DomainNama domain akan menjadi : namablog.blogspot.comNama domain akan menjadi : namablog.wordpress.comNama domain bebas , misal namablog.com atau namablog.org dan lain lainnya
BiayaGratis Gratis Membayar untuk domain dan hosting
KontrolKontrol terbatas ( seperti penambahan fitur atau pemilihan tema)Kontrol terbatas ( seperti penambahan fitur atau pemilihan tema)Kontrol sepenuhnya di tangan. Anda bebas untuk menambahkan fitur apa saja ataupun mengubah tema.
IklanTerintegrasi dengan AdsenseTidak diizinkan memasang Adsense dan sejenisnya. Hanya bisa menggunakan WordAdsBebas memasang segala fitur iklan 
PluginTidak dapat memasang PluginTidak dapat memasang PluginBebas memasang Plugin
Tema TerbatasTerbatasRibuan pilihan tema yang bisa dipersonalisasi
perbandingan platform blog populer

Dari tabel diatas kita dapat melihat gambaran lebih lanjut bagaimana kita ingin mengembangkan blog kita.

Apakah kita ingin blog kita bersifat personal dan hanya untuk berbagi tulisan-tulisan kita atau kita ingin blog kita menjadi blog komersil dan juga menghasilkan uang.

Untuk blog personal, Blogspot atau Blogger sudah sangat cukup memadai untuk berbagi cerita.

Selain gratis dan aman, penggunaannya pun sangat mudah. Tapi kalau tujuan utama kita adalah ingin blog kita bisa menghasilkan uang, kita bisa menggunakan WordPress.org.

Beli Hosting

Nah setelah menentukan niche dan mau dibawa kemana blog kita, ingin blog untuk personal atau komersil, dan juga platform apa yang akan kita gunakan, sekarang saatnya untuk memulai blog kita.

Hal utama yang tentu harus kita miliki sebelum mulai membuat blog adalah email. Ada baiknya menggunakan email dari Gmail.

Untuk membuat Blogspot kita hanya perlu mengunjungi situs Blogger.com dan mendaftar dengan menggunakan email Gmail. Selanjutnya hanya perlu menekan tombol [+ New Post] jika ingin mulai menulis.

Sedangkan untuk WordPress.org Anda harus memilih layanan hosting yang baik dan terpercaya. Hosting yang saya pakai sekarang ini adalah HawkHost.

HawkHost Hosting

Pastikan untuk melakukan riset sederhana dan membaca review sebelum menentukan provider hosting yang akan dipilih.

Setelah menentukan pilihan hosting, Anda hanya perlu melakukan langkah-langkah cara membuat blog yang telah disediakan oleh layanan hosting.

Apabila mengalami kesulitan dalam menginstall atau tidak paham, layanan penyedia hosting ini juga memiliki customer support yang bisa dihubungi untuk membantu memecahkan permasalahan.

Kecepatan customer support dalam membalas pesan dan ticket yang saya kirim menjadi poin penting saat saya menentukan provider hosting.

Di HawkHost, saya bisa berkirim ticket 7/24/30 dan selalu dilayani dengan baik. Tidak butuh waktu terlalu lama untuk memcahkan permasalahan di ticket yang saya kirim.

Pilih Tema atau Template Blog

Hal yang tak kalah penting selanjutnya adalah memilih tema atau template untuk blog. Tema juga merupakan salah satu faktor penting yang menentukan keberhasilan blog dalam menarik pengunjung.

Blog ini menggunakan theme atau tema dari Generate Press.

Baca juga: 75+ Template Tema WordPress Terbaik

Generate Press yang saya pakai ini premium dan menggunakan Gutenberg block sebagai page builder. Menurut saya, lebih enteng daripada Elementor.

Tema yang baik tentunya harus sesuai dengan niche blog dan juga memiliki user interface serta navigasi yang mudah digunakan oleh pengunjung. Pemilihan warna dan penempatan gambar ataupun plugin, bisa menjadi hal yang sangat krusial bagi sebuah blog. 

Cara memilih palet warna blog bisa di tonton di video ini.

Kustomisasi Tampilan

Kustomisasi tampilan bisa meliputi tampilan homepage, apakah static atau archive blog sebagai homepage. Pilih blog dengan sidebar atau tanpa sidebar. Menu blog akan diletakkan di area mana saja? Font dan palet warna apa yang akan kita pilih sebagai branding blog.

Gunakan Email Marketing

Email marketing berguna untuk mendapatkan subscriber blog. Mengapa subscriber blog penting? Karena dengan mempunyai subscriber, kita mempunyai audiens yang loyal.

Jika mau menjual service atau produk, berjualan ke teman atau orang yang sudah kenal baik dengan kita akan lebih mudah daripada menjual sesuatu kepada orang asing.

Banyak sekali email marketing yang bisa dicoba diantaranya: Mailchimp, Mailerlite, SendGrid, Convertkit, Sendfox, dan masih banyak lagi.

Buat Lead Magnet

Fungsi lead magnet adalah sebagai “freebie” untuk pengunjung yang mau subscribe dan memberikan kontak emailnya.

Beberapa contoh lead magnet yang mudai dibuat diantaranya: e-Book, Checklist, Guide, Printables, Studi Kasus dan lain-lain.

Aplikasi Canva adalah tools yang sangat user friendly untuk membuat lead magnet.

Mau mencoba Canva Pro? Klik link image di bawah ini.

Gabung dengan Komunitas Blogger

Bergabung dengan komunitas bisa memperluas networking kita sebagai blogger.

Selain sebagai ajang silaturahmi dan sapa menyapa di dunia maya, banyak komunitas blog yang sering berbagi rejeki job blogger untuk para member dan anggotanya. Juga berbagai pelatihan dan training tentang blogging.

Kesimpulan

Untuk memulai sebuah blog, harus siap untuk selalu konsisten dengan tujuan dan juga isi konten yang akan disampaikan di blog tersebut.

Cara membuat blog memang cukup mudah, tapi konten dan konsistensi dari sang penulis untuk bisa sesuai dengan niche bisa menjadi hal yang cukup sulit.

Oleh karena itu sebaiknya tulislah tentang hal yang dikuasai dan disukai. Anda juga harus memiliki visi dan goal dari blog yang dibuat agar ngeblognya bisa konsisten dan scalable

Semoga bermanfaat!

2 thoughts on “9 Langkah Mudah Membuat Blog untuk Pemula”

  1. penentuan topik utama atau niche adalah hal krusial pertama dalam membangun blog. Diusahakan menulis yang memang disukai dan dikuasai sehingga pengembangannya lebih mudah dan terarah.

    Tapi, buat yang masih bingung, bisa dimulai dari blog personal, iya kan? dulu juga saya memulai seperti itu.

    Makasih banyak tipsnya, cocok buat mereka yang mau memulai membuat blog.

    Salam kenal

    Reply

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.