Cara Menghasilkan Income di 30 Hari Ngeblog

Mungkin gak ya, ngeblog baru satu bulan tapi sudah bisa menghasilkan income?

Mau tahu gak bagaimana cara menghasilkan income di 30 hari ngeblog?

Apakah kamu ingin menjadi salah satu blogger yang mampu menghasilkan ratusan ribu rupiah perhari hanya dari blog saja?

Jika jawabanmu adalah iya, maka ini adalah artikel yang harus kamu baca.

Tips di artikel ini akan membuatmu selangkah lebih dekat untuk menjadi blogger sukses dan menghasilkan income dari blog.

Siapapun bisa menjadi blogger, tapi hanya sedikit yang bisa benar-benar sukses.

Selain konten yang menarik, para blogger sukses memiliki kesamaan karakteristik yang mereka terapkan dalam etos kerja dan tulisan mereka.

Karakter blogger sukses diantaranya

Memiliki kemauan yang tinggi

Ulet 

Disiplin

Memiliki selera humor 

Kreatif 

Jika kamu memiliki karakteristik yang disebutkan diatas maka kamu memiliki kesempatan yang cukup tinggi untuk menjadi blogger sukses.

Tapi perlu di ingat juga, selain karakteristik tersebut para blogger sukses ini juga memiliki networking yang kuat dan aktif terutama di sosial media.

Setelah melihat potensi diri, sekarang saatnya mulai mempersiapkan segala hal yang diperlukan untuk menghasilkan income di 30 hari ngeblog.

Hal yang harus disiapkan untuk menghasilkan income di 30 hari ngeblog

Niche atau ceruk

Hal utama adalah menentukan niche, karena dengan memilih niche yang profitable, kita akan mendapatkan audiens yang tepat dan berkesempatan mendapatkan penghasilan dari blog lebih cepat.

Tentunya kita tidak ingin hanya sekedar menulis asal tanpa menguasai topik dan tanpa kategori, pembaca bisa loh mengenali perbedaan tulisan dari orang yang menguasai topik dan yang tidak.

Terutama pada perbedaan penulisan yang sangat in-depth dan mengupas topik dengan baik versus tulisan yang hanya 500 kata selesai.

Apabila pembaca menganggap kita kurang mampu menguasai topik, bisa jadi otoritas blog dan tingkat kepercayaan pembaca juga akan menurun. Efeknya, traffic blog juga bisa terjun bebas.

Saat kita memiliki tujuan, strategi dan visi yang jelas tentang blog, maka langkah-langkah berikutnya akan lebih mudah.

Mulai Membuat Blog

Setelah memilih niche yang profitable dan memiliki gambaran yang jelas tentang audiens, sekarang saatnya melangkah ke hal yang lebih teknis yaitu mulai membuat blog.

Untuk memiliki blog yang bisa menghasilkan, sangat disarankan untuk menggunakan blog dengan nama domain sendiri atau TLD (top level domain) dan menyewa hosting sendiri (self hosted).

Saya menggunakan hosting dari HawkHost karena tidak pernah down, customer service cepat tanggap, dan harga terjangkau.

hawkhost hosting
HawkHost Hosting

Memang kita perlu mengeluarkan sedikit modal di awal, tapi akan sangat sebanding dengan apa yang akan dihasilkan nantinya.

Saat ini banyak pilihan penyedia layanan hosting berbasis WordPress, salah satunya HawkHost.

Buat kamu yang belum paham bagaimana cara menginstall WordPress, pihak penyedia layanan hosting akan siap membantu untuk men-set up blog hingga siap tayang.

Baca juga: Cara Memilih Domain dan Hosting Terbaik

Jangan lupa juga untuk membeli nama domain. Pilihlah nama domain yang mudah di ingat dan sesuai dengan niche blog. Begitu pula dengan template tema WordPress maupun plugin yang kamu gunakan, semua harus sesuai dengan niche blog demi personal branding.

Tampilan visual blog yang clean, bersih dan memiliki navigasi yang mudah akan membuat pengunjung blog betah berlama-lama di blog kita.

Siapkan Tools

Ada beberapa tools atau aplikasi yang dibutuhkan saat memulai blogging.

Penting untuk menguasai tools ini agar blog bisa scalable.

Beberapa tools yang penting untuk dikuasai dalam dunia blogging diantaranya:

Theme Blog

Gunakan tema blog yang SEO friendly, menggunakan struktur kode yang baik dan juga mobile friendly.

Sekarang ini, menuliskan.com menggunakan theme dari Generate Press.

Analytic Tool

Tool ini berguna untuk melihat pertumbuhan blog. Darimana saja traffic berasal, berapa banyak konversi yang terjadi, dll.

Selalu pasang Google Analytic dan Google Console untuk blog.

Beberapa tools premium tambahan yang bisa dipakai antara lain, Ahrefs, SEMRush, Pitchbox, dll.

Canva

Canva adalah aplikasi online yang dapat digunakan untuk mengedit gambar, chart, membuat blog banner dan semua kepentingan blogging serta sosial media.

Dengan Canva, mengedit dan mendesain template atau printable akan menjadi lebih mudah meskipun kita tidak mempunyai basic DKV (desain komunikasi visual).

Canva bisa digunakan secara gratis dan ada juga pilihan untuk upgrade akun ke Premium. Dengan premium akun, kita bisa leluasa menggunakan semua template dan elemen serta audio video yang tersedia di Canva.

Tertarik untuk mencoba Canva? Klik image banner di bawah ini:

Tool untuk planning Konten

Beberapa pilihan antara lain Trello, Notion, dan ClickUp.

Tool untuk SEO optimization

Beberapa pilihan tools untuk optimization diantaranya: Yoast, RankMath, Ubersuggest, dan Ranktracker.

Dengan menggunakan tools SEO ini, kita bisa mengoptimasi konten dengan menggunakan kata kunci yang tepat dan struktur konten yang benar supaya bisa mendapatkan peringkat di halaman pertama Google pastinya.

Baca juga: 10 Kesalahan SEO & Cara Mengatasinya

Mempersiapkan Strategi Pemasaran Konten

Sebelum mulai mempublikasikan blog, sebaiknya kita membuat strategi pemasaran konten seperti misalnya, frekuensi penayangan artikel, riset kata kunci, dan repurpose konten.

Akan lebih baik untuk membuat jadwal tentang topik apa saja dan kapan akan ditayangkan di blog kamu selama sebulan atau tiga bulan kedepan.

Dengan mempunyai jadwal konten, kita akan lebih fokus menulis dan tidak keluar dari niche blog yang sudah kita pilih.

Sebagai inspirasi konten, tidak ada salahnya melihat-lihat blog lain dengan niche yang serupa atau mencari inspirasi di Pinterest.

Coba juga untuk melihat blog-blog lain yang mempunya niche serupa, cek bagaimana mereka mengolah blog, dan bagaimana mereka melakukan promosi konten.

Lihat peluang apa saja yang belum disediakan oleh blogger lain, kita bisa melengkapinya untuk audiens kita tentunya.

Untuk menghasilkan income dari blog, kita perlu melakukan riset dan melihat peluang memonetisasi blog dan niche.

Memonetisasi blog bisa dilakukan dengan menjual produk fisik maupun digital atau juga bisa melalui affiliate marketing.

Pelajari produk apa saja yang dapat dijual melalui affiliate marketing dan mulailah bergabung dengan program afiliasi tersebut.

Pilih produk affiliate marketing yang memang kamu pakai dan kamu tahu benar manfaat dari produk tersebut.

Setelah mempersiapkan segala hal yang diperlukan untuk blog, maka sekarang saatnya untuk merilis dan launching blog dan memulai penayangan posting perdana.

Cara meningkatkan traffic blog dan hasilkan income di 30 hari ngeblog

Mailing List

Banyak yang masih meragukan kapasitas email sebagai media promosi, padahal setiap pengguna internet pasti memiliki email dan selalu mengecek email mereka secara berkala.

Saat memulai ngeblog, mulailah juga membuat mailing list untuk para pembaca agar mereka bisa mendapatkan pemberitahuan terbaru setiap kamu merilis artikel baru.

Atau kamu juga bisa membuat konten khusus untuk subscriber dan anggota mailing list, misalnya konten video selain konten artikel.

Kirimkan konten secara berkala untuk menjaga engagement dengan subscriber.

Lead magnet atau Freebies

Freebies adalah segala sesuatu yang kamu berikan secara gratis untuk orang yang mau memberikan alamat emailnya dan subscribe di mailing list kita.

Beberapa pilihan lead magnet yang mudah dibuat dengan menggunakan Canva adalah e-book, checklist, guide, dan atau printables.

Contoh lead magnet:

.

Repurpose Konten

Repurpose konten adalah membuat ulang konten yang sama dengan menggunakan media yang berbeda.

Kita bisa repurpose konten artikel dan membuatnya dalam bentuk video dan menguploadnya ke platform sosial media yang lain.

Repurpose konten bisa membantu memperluas cakupan pembaca.

Merespon Komentar

Rutin berinteraksi dengan pembaca melalui kolom komen akan membuat pembaca lebih dekat dan memiliki keterikatan dengan blog kita.

Hal ini tentunya akan membuat pembaca memiliki keinginan untuk datang lagi dan lagi ke blog kita untuk membaca tulisan dan konten terbaru.

Menjadi Penulis Tamu

Hal lain yang bisa kita lakukan adalah dengan menjadi penulis tamu atau guest posting di blog lain.

Bangun network seluas-luasnya dan berteman serta berjejaring dengan blogger lain agar proses menjadi penulis tamu semakin mudah.

Dengan menjadi penulis tamu, kita bisa menjangkau audiens si empunya blog dan bisa menambah traffic serta menguatkan personal branding.

Kesimpulan

Banyak hal yang menentukan kesuksesan suatu blog, selain konten yang menarik, kepribadian sang pemilik blog yang tidak takut dengan tantangan dan tidak mudah menyerah juga menjadi penentu.

Jika kamu memulai dengan benar dan mempersiapkan semuanya dengan matang,tidak akan butuh waktu lama untuk bisa mulai menghasilkan income dari blog, bahkan menghasilkan income di 30 hari ngeblog.

Semoga melalui artikel ini kamu bisa mendapatkan insight dan berani untuk memulai membuat blog yang bisa menghasilkan income.

Leave a Comment