beda platform wordpress vs blogspot

Pahami Perbedaan Platform Blog WordPress vs Blogspot

Saat ini, banyak yang mengisi waktu luang dengan menulis blog ataupun mencoba mendapat ekstra income melalui blog. Buat kamu yang belum pernah memulai blogging, tidak ada salahnya untuk coba memulai dari sekarang. Banyak sekali hal-hal positif yang kita bisa dapatkan dari blogging, termasuk juga mendapatkan pendapatan tambahan. 

WordPress dan  Blogger atau lebih dikenal dengan Blogspot adalah dua platform blogging yang sudah sangat terkenal dan sangat populer digunakan oleh para kaum blogger di Indonesia.

Keduanya masih dianggap sebagai platform blog terbaik dan utamanya, terjangkau. WordPress dan Blogspot pastinya memiliki perbedaan, serta kelebihan dan kekurangan.

Disini saya akan mengulas sedikit lebih dalam tentang kedua platform blog terbaik ini, agar kamu yang ingin memulai ngeblog, tidak merasa ragu untuk memilih platform mana yang terbaik buat blogmu. 

Artikel yang bisa kamu baca tentang perbedaan platform WordPress dan Blogger, pernah saya tulis di blog yang lain dengan judul Tips Memilih Platform Blog.

Pengertian Blogspot

Blogspot atau Blogger.com adalah platform blog yang dimiliki oleh Google. Blogspot ini bisa digunakan secara gratis baik tema maupun hostingnya. Tentang hosting, kamu bisa baca lebih lengkap di artikel ini: Cara Memilih Domain dan Hosting Terbaik Untuk Blog

Cara pendaftaran Blogger sangat mudah, kamu hanya perlu mendaftar dengan menggunakan akun Google kamu. Dan voila! Kamu sudah bisa memulai membuat postingan di blogmu yang baru. Blogger atau Blogspot ini sangat cocok untuk latihan ngeblog buat pemula karena tidak harus membeli domain dan hosting sendiri. Kalau kamu berpikir belum saatnya membeli domain TLD (top level domain), kamu bisa menggunakan domain blogspot. Nantinya alamat blogmu akan menjadi seperti ini: www.(nama blogmu).blogspot.com

Kalau sudah siap dan sudah merasa konsisten untuk ngeblog, kamu bisa membeli domain TLD disini. Hostingnya masih bisa menginduk di Google alias masih bisa gratis.

Pengertian WordPress

Lalu bagaimana dengan WordPress? WordPress sendiri terbagi menjadi 2 platform : WordPress.com dan WordPress.org.

WordPress.com kurang lebih hampir sama dengan platform Blogger.com, platform ini bersifat gratis dan juga cara pengoperasiannya pun cukup mudah. Nama domain yang di platform ini nantinya akan diikuti dengan WordPress.com, contohnya : www.(nama blogmu).wordpress.com. Meskipun gratis, kamu tidak akan memiliki kontrol penuh atas blogmu, kecuali bila kamu mengaktifkan paket premium.

WordPress.org bersifat self hosted. Di WordPress.org kita diharuskan membeli hosting dan juga domain TLD. Nantinya blogmu akan beralamat di www.(nama blogmu).com. Contoh: menuliskan.com, indriariadna.com, prodigitalmom.com dan arsitekkeuangan.com.

Karena kita membayar dan menyewa hosting sendiri, kita memiliki akses kontrol penuh ke blog kita. Banyak sekali pilihan kita bisa beli domain dan hosting. Tempat saya membeli domain dan hosting dan juga rekomendasi saya adalah HawkHost. Kamu bisa membeli shared hosting dengan harga terjangkau untuk unlimited blog.

Indikasi Platform Blog Terbaik

Ada beberapa indikasi yang bisa digunakan untuk menentukan pilihan mana platform terbaik yang bisa kamu pilih untuk blogmu. Beberapa diantaranya adalah kemudahan penggunaan, biaya, keamanan dan lainnya.

Mari kita coba ulas beberapa indikasi ini satu persatu sekaligus membandingan dua platform blog ini. Disini layanan WordPress yang akan kita bahas adalah layanan WordPress.org ya, bukan WordPress.com

Biaya

Dari segi biaya, Blogspot menyediakan layanan gratis hosting. Sedangkan untuk WordPress kita harus mengeluarkan biaya untuk domain dan hosting. Meskipun  demikian rentang biayanya sangat bervariasi, dan juga masih sangat terjangkau apalagi mengingat fasilitas kita dapatkan nantinya.

Biaya domain di sekitaran 200.00 hingga 300.000 per tahun. Ya, domain harus selalu diperpanjang setiap tahun agar blog kita tetap tayang di internet.

Biaya hosting, kalau kamu membeli disini, biayanya sekitar 50.000 per bulan untuk unlimited blog dan domain.

Kemudahan Penggunaan

Untuk membuat blog Blogspot kamu hanya perlu mengakses Blogger.com dan mendaftar menggunakan akun Gmail. Setelah mendaftar, kamu bisa langsung menggunakan dashboard Blogger, menginstall tema dan membuat postingan baru dengan sangat mudah. Cukup menekan tombol [+ New Post] maka kamu akan dapat memulai postingan perdana kamu.

tampilan dashboard Blogspot

Kita bisa membuat berapapun blog dengan alamat yang berbeda. Tentu saja, gratis.

Menggunakan WordPress, akan memerlukan lebih banyak effort untuk memulai blog kita.  Sebenarnya tidak terlalu sulit asalkan kita mengikuti step by step dan paham cara instalasi nya. Kita harus memasang dan menginstall WordPress melalui Softacolous dan kemudian menginstall tema atau theme. Setelah itu baru meng kustom tampilan blog sesuai yang kita inginkan.

Untuk memudahkan membuat tapilan blog yang menarik, kita bisa menggunakan page builder. Ada banyak page builder yang bisa digunakan seperti Gutenberg, Oxygen, Beaver Builder, dan yang sering saya gunakan adalah Elementor.

Tampilan blog akan menjadi lebih menarik karena bisa di kreasikan dengan sangat mudah menggunakan Elementor. Simak video berikut ini, bagaimana cara menggunakan Elementor.

Tampilan

Memilih tampilan dan visual yang menarik untuk website ataupun blog sangatlah penting. Kita tentunya ingin pengunjung lebih betah dan menikmati keindahan visual saat berselancar di blog kita. Tema blog yang menarik pengunjung harus menggunakan palet warna yang sesuai dengan niche blog tersebut.

Ini video bagaimana cara memilih palet warna untuk blog.

WordPress sebagai salah satu platform blog terbaik memiliki ribuan pilihan tema yang bisa dipilih ataupun di custom sesuai keinginan kamu. Kabar baiknya, banyak dari tema tema ini gratis dan bebas kamu gunakan. Atau kamu ingin membuat tema sendiri? Bisa !

Blogspot sendiri juga memiliki beberapa tema default yang cukup menarik, tapi jumlahnya cukup terbatas dan sayangnya kita tidak memiliki banyak opsi untuk mempersonalisasikan blog kita. Jadi, kita akan bertemu beberapa halaman blog yang memiliki tampilan sama persis dengan blog yang kita miliki. 

Kontrol dan Fleksibilitas

Blogspot dimaksudkan untuk menjadi sebuah platform blog yang mudah digunakan, terutama untuk para pemula, oleh karenanya, akses kontrol yang kita miliki di blog cukup terbatas. Namun demikian, kita bisa menambahkan widget untuk mempercantik tampilan blog.

Lain halnya dengan WordPress, disini kita bebas berekspresi dan menambahkan fitur apa saja. Di WordPress, fitur-fitur ini disebut plugins. Ada ribuan pilihan plugin yang tersedia dan bisa kamu tambahkan di blog kamu, dan tentunya gratis. Kalau kamu memiliki kemampuan coding, kamu juga bisa menambahkan plugin buatan kamu disana, mantap kan?

Kepemilikan dan Keamanan

Dari segi keamanan, kamu tentunya tidak ragu lagu dengan tingkat keamanan Google. Hal ini yang membuat para pengguna Blogspot merasa aman untuk menggunakan layanan platform Blogger. Sedangkan dari segi kepemilikan, kamu sama sekali tidak memiliki hak kepemilikan atas blog tersebut, hak ini sepenuhnya milik Google. Oleh karena itu, Google berhak untuk menutup blog kamu, apabila postingan dalam blogmu dianggap tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku dari Google. Artinya, Google bisa menurunkan paksa blogmu kapanpun.

WordPress sebenarnya cukup aman, tapi karena WordPress merupakan layanan platform self-hosted maka kamu perlu untuk menambahkan keamanan dan juga backup. Tapi jangan khawatir, banyak plugin yang menawarkan fitur-fitur keamanan tambahan untuk website dan blog kamu. Untuk segi kepemilikan, blog akan sepenuhnya menjadi milik kamu. Kamu bebas menentukan apakah kamu ingin tetap menjalankan blog, atau menutupnya. Kamu juga bisa memindahkan hosting kamu ke hosting  lain yang kamu mau. Bagaimana cara memilih hosting yang baik bisa kamu baca disini: Cara Memilih Domain dan Hosting Terbaik Untuk Blog

Monetizing

Dengan Blogspot, ada peluang untuk monetizing atau menghasilkan uang dari blog kita, namun tidak terlalu banyak pilihan. Kita hanya bisa mengandalkan Adsense dan atau sponsored post.

Lain halnya  dengan WordPress,  WordPress memiliki banyak pilihan plugin yang bisa membantu kita menambah pemasukan, seperti menambahkan link bisnis atau mengubah blog kita menjadi online shop. Selain itu tampilan yang lebih menarik dan tidak monoton juga menjadi daya jual tersendiri untuk blog kita. Kalau dibandingkan dengan tampilan Blogspot yang agak monoton, para calon klien kita akan lebih tertarik apabila kita memiliki blog dengan tampilan yang lebih unik.

Kesimpulan

Seperti layaknya platform blog lain yang ada diluaran sana, Blogspot dan WordPress memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing. Namun, kedua platform ini masih merupakan platform blog terbaik yang ada sampai saat ini. Untuk memilih di antara keduanya, ingatlah terlebih dahulu tujuan utama kamu membuat sebuah blog. Apakah hanya untuk pemakaian pribadi, ataukah untuk bisnis. Dan juga dengan segala fasilitas yang dimilikinya, apakah kamu merasa keberatan untuk mengeluarkan biaya atau tidak.

Semoga bermanfaat buat kamu yang masih bingung mau ngeblog dengan platform apa.

Sharing is caring, saya akan berterima kasih apabila kamu mau share artikel ini, siapa tahu ada teman-teman diluar sana yang membutuhkan artikel ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest