15 cara dapat income dari blog

15+ Cara Cepat dan Kreatif Mendapatkan Income Online

Lihat laman Disclosure tentang link afiliasi di artikel ini.

Apakah kamu ingin tahu apa saja cara cepat dan kreatif mendapatkan tambahan pemasukan secara online? Tentunya dengan cara yang benar ya dan bukan dari hasil scam atau tipu-tipu.

Blogging bisa menjadi salah satu opsi. Dengan mempunyai blog, kamu bisa mendokumentasikan hobi, menulis, bahkan menjual produk dan jasa.

Ada banyak cara yang bisa kita terapkan untuk mendapatkan pemasukan dari blog dan menjadi blogger sukses seperti Max Manroe dan Panduanim.

Tapi perlu diingat, untuk menjadi blogger sukses tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Dibutuhkan konsistensi, ketekunan, kerja keras, dan kita juga perlu modal untuk investasi blog.

Dana untuk investasi blog? Dana untuk apa ya? Dana untuk membeli domain dan hosting, theme premium, plugins premium, dll.

Tidak ada salahnya memakai blog gratis seperti Blogspot atau WordPress.com, tapi lebih banyak feature dan manfaat yang kita dapat dari blog self-hosted. Tentunya bisa menunjang tujuan kamu untuk mendapatkan income dari blog

15 + Cara cepat mendapatkan pemasukan dari blog

mendapatkan pemasukan dan income dari blog

Menjual Produk Fisik

Cara pertama untuk mendapatkan pemasukan dari blog adalah dengan menjual produk-produk yang kamu punya melalui blog . Akan lebih baik lagi jika produk-produk tersebut merupakan hasil produksi sendiri , misalnya T-shirt dengan quote-quote unik.

WordPress.org menyediakan banyak sekali tema dan template gratis untuk mendukung tampilan visual online shop kamu.

Kamu bisa memilih tema multipurpose seperti Kadence, Zakra, Neve, dan Botiga. Untuk mendukung payment gateway, kamu bisa menginstall plugin Woocommerce.

Menjual Produk Digital

Selain menjual produk fisik lewat blog, cara lain untuk mendapatkan pemasukan dari blog adalah dengan menjual produk-produk non fisik, atau produk digital. Beberapa produk digital populer adalah Canva template, eBook dan printables. Sebagai contoh, bila niche blog kamu adalah homeschooling, kamu dapat menjual printable seperti flash cards yang bisa menunjang proses belajar anak-anak. Printable yang kamu jual juga harus kreatif dan orisinil. 

Menjual Jasa Freelance

Cara lain untuk mendapatkan pemasukan dari blog adalah dengan menjual jasa atau servis freelance. Kamu bisa menjual jasa freelance yang pastinya sudah kamu kuasai, misalnya menjadi content writer, sosial media management atau translator. Kamu bisa membuat artikel-artikel yang menunjukkan hasil kerja (portfolio) sebagai seorang content writer di blog. 

Google Adsense

Salah satu cara mendapatkan pemasukan dari blog  yang paling banyak dikenal dan dikejar adalah Google Adsense. Untuk mendapat pemasukan dari Google Adsense, kamu hanya perlu menambahkan Adsense script ke dalam blog dan iklan akan mulai tayang di blog Anda.

Kamu akan mendapat fee atau penghasilan apabila ada yang meng-klik iklan yang tayang tersebut.

Sebagai publisher Adsense, kamu harus mendaftar terlebih dahulu di Google Adsense. Gunakan Gmail Anda untuk mendaftar dan ikuti langkah-langkah dalam website tersebut.

Pihak Google akan mereview blog kamu terlebih dahulu sebelum menyetujui penambahan Adsense. Ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan Google dalam mereview blog, seperti minimal jumlah artikel yang telah ada di blog dan juga jumlah pengunjung harian blog.  

Space Banner Iklan

Disini yang menentukan iklan apa yang akan muncul di blog adalah kita sendiri. Kita pula yang menentukan tarif space iklan di blog serta dimana iklan tersebut akan ditayangkan.

Kemampuan negosiasi dengan pihak pengiklan sangat penting disini. Faktor utama yang bisa menjadi penentu adalah, apakah blog serta pengunjung sesuai dengan pangsa pasar pengiklan.

Jika kamu bekerjasama dengan beberapa brand secara bersamaan di blog, kamu bisa menggunakan plugin otomatis seperti Advanced Ads. Dengan bantuan plugin ini rotasi iklan, penempatan dan lain sebagainya akan diatur secara otomatis.

Endorse dan Review Produk Sponsor

Jika blogmu sudah cukup dikenal di dunia blogging dan mempunyai domain authority yang tinggi, kamu bisa membuka partnership dan kerjasama sponsor post yang sesuai dengan niche dan konten.

Darimana mendapatkan peluang sponsor post ini? Salah satunya melalui komunitas.

Selain itu, kamu juga bisa mengajukan proposal ke brand atau perusahaan yang akan kamu review.

Sekali lagi, pentingnya kita memiliki blog yang sudah memiliki konten cukup dan bisa menarik pangsa pasar produk yang akan kita endorse agar sponsor tidak ragu untuk mempercayakan produknya di review.

Mempromosikan Bisnis Offline

Cara lain untuk mendapatkan pemasukan dari blog adalah dengan menggunakan blog sebagai sarana untuk mempromosikan bisnis offline.

Misal kamu memiliki restoran, kamu bisa menulis konten tentang menu-menu spesial, keseharian (behind the scene) di restoran, ataupun review pengunjung tentang restoran.

Kamu juga bisa menambahkan fasilitas untuk reservasi restoran di dalam blog. Dengan segala template dan plugin yang tersedia di WordPress, ngeblog dan promosi menjadi hal yang mudah.

Menjual Kursus Online

Kamu suka mengajar? Jika kamu memiliki keahlian khusus seperti virtual assistant, content writer, atau instruktur yoga, kamu bisa menjual kursus secara online untuk audiens kamu.

Meskipun kelas online, kamu tetap memerlukan persiapan layaknya ketika akan mengajar kelas offline, seperti materi, slide, recorder, dll.

Kamu bisa menginstall LMS (learn management system) plugin untuk membuat kursus online di blog. Beberapa contoh LMS populer adalah Learn Dash dan Lifter LMS.

Job Board 

Pilihan lain yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan pemasukan dari blog adalah membuat Job Board berbayar. Job Board adalah semacam iklan untuk lowongan kerja yang ditampilkan di blog.

Para pebisnis akan membayar sejumlah fee apabila tertarik mengiklankan lowongan pekerjaan perusahaan di blog kamu. Kamu harus bisa meyakinkan para pemilik perusahaan bahwa blogmu adalah tempat yang tepat untuk mengiklankan lowongan pekerjaan mereka.

Pastikan blog dan perusahaan memiliki target audiens yang sama. Kamu bisa memasang plugin WP Job Manager untuk memudahkan mengatur dan memanage Job Board.

Membuat Lelang

Lelang. Salah satu cara kreatif memanfaatkan blog adalah sebagai tempat lelang agar bisa mendapatkan pemasukan dari blog.

Kamu bisa mengenakan biaya saat pendaftaran atau charge fee saat barang yang dilelang laku terjual. Kamu juga harus rutin menulis konten yang akan menarik para calon peserta lelang, dan juga membangun kemitraan dengan vendor yang akan melelang produk mereka di blog kamu.

Atau, kamu juga bisa membuat blog terlihat seperti blog lelang yang sudah ternama seperti eBay dengan menggunakan plugin seperti Dokan Lite dan Ultimate Auction for WooCommerce.

Membership 

Opsi lain sebagai cara untuk mendapatkan pemasukan dari blog adalah dengan menawarkan program Membership kepada para pengunjung setia blog kamu.

Kamu bisa membuat akses ke konten artikel blog yang terbatas dan forum khusus yang hanya dapat diakses oleh member. Atau kamu juga bisa menawarkan para pengunjung untuk berlangganan melalui email. Gunakan plugin MemberPress untuk membantu mengelola keanggotaan peserta di blog.

Affiliate Marketing

Affiliate marketing merupakan salah satu cara kita bisa mendapatkan pemasukan dari blog yang cukup mudah dan sangat populer saat ini. Affiliate Marketing adalah ketika kamu menyertakan sebuah link di konten artikel dan kamu akan mendapatkan penghasilan apabila pembaca mengklik link tersebut dan melakukan pembelian produk melalui link afiliasi.

Salah satu cara mendapatkan komisi afiliasi, kamu bisa menulis  review produk dan menyematkan link afiliasi agar pembaca bisa mengklik link untuk membeli produk.

Saat ada yang membeli produk tersebut menggunakan link afiliasi kamu, kamu akan mendapatkan komisi. Salah satu contoh afiliasi marketing yang mudah dan sudah terbukti menghasilkan adalah program afiliasi yang ditawarkan oleh Amazon.

Kamu harus mendaftarkan blog di program affiliate Amazon terlebih dahulu.

Apabila kamu mempunyai banyak kerjasama link afiliasi, gunakan plugin PrettyLink untuk membantu memanage dan men tracking link afiliasi yang kamu jual.

Menjual Backlink

Backlink hampir sama dengan affiliate marketing, kamu menempatkan sebuah link di artikel dan mendapat pemasukan dari orang atau perusahaan yang membutuhkan backlink tersebut.

Bedanya, disini audiens tidak perlu membeli produk atau apapun dari link yang kamu tanam di artikel. Cukup dengan menyematkan link dari brand dan kamu akan mendapatkan komisi.

Jual Beli Blog

Jika kamu cukup mahir membuat blog, kamu bisa menjual blog lengkap dengan tema dan plugin yang sesuai dengan konten yang diinginkan oleh calon pembeli. Banyak yang ingin memulai blog tapi tidak mau direpotkan dengan proses registrasi, belum paham beli domain dan hosting yang bagus dimana, memilih tema, dll.

Untuk bisa menjual blog, pastinya kamu harus menguasai tahap-tahap pembuatan blog dan juga memiliki pengetahuan yang cukup luas dalam dunia blogging, seperti tema dan plugin apa yang sedang populer.

Jasa pembuatan personal blog berbasis WordPress

Buat kamu yang ingin mempunyai personal blog, ada PROMO nih.

FREE jasa buat blog berbasis platform WordPress, syarat dan ketentuan berlaku ya. Silahkan klik disini untuk info lebih lanjut.

Menjual Template dan Plugins

Kamu yang ahli di bidang coding ataupun web design, mengapa tidak mencoba untuk membuat Plugins atau Tema dan kemudian menjualnya?

Sebagai permulaan kamu bisa mendaftarkan plugin buatanmu di https://wordpress.org/plugins/developers/, disini kamu tidak akan mendapatkan komisi tapi bisa melihat pangsa pasar untuk plugin yang kamu buat dan juga membangun branding agar lebih dikenal oleh para pengguna WordPress. Kalau sudah siap untuk membuat plugin premium, bisa di jual di marketplace seperti Envato

Privat Coaching

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan pemasukan dari blog adalah dengan membuka jasa coaching khusus tentang blogging. Banyak orang yang ingin mempunyai blog sendiri dan menghasilkan tambahan income dari blog tapi belum tahu bagaimana cara memulainya. Disini kita bisa membantu proses step by step apa saja yang diperlukan dari mulai awal mula membuat blog hingga bisa menghasilkan profit.

Optimasi SEO

Kamu juga bisa membuka jasa konsultan blog bagi para blogger yang ingin sukses di dunia blogging. Selain memberikan saran mengenai tema, plugin, maupun konten, kamu bisa menjadi konsultan mengenai optimasi SEO. Saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan jasa optimasi SEO untuk membantu mereka mencapai target tertentu.

Kamu bisa menggunakan beberapa tools khusus untuk optimasi dan audit website seperti Ahrefs dan SEMRush.

Kesimpulan

Masih ada banyak cara untuk mendapatkan pemasukan dari blog yang mungkin belum tersampaikan di artikel ini. Atau mungkin kamu sudah menemukan cara sendiri untuk menghasilkan pendapatan dari blog.

Hal yang harus di ingat, menjadi blogger profesional dengan penghasilan yang mumpuni akan membutuhkan waktu, kreativitas, modal di awal dan yang utama adalah konsistensi.

Kamu harus konsisten membuat konten, tahu bagaimana cara memilih niche yang sesuai profitable dan sesuai passion. Jangan lupakan tentang audiens, karena dari merekalah kita mendapat traffic dan juga penghasilan.

Buat konten yang bermanfaat dan bukan hanya asal menulis dan tayang.

Tetap semangat dan jangan mudah menyerah untuk menjadi blogger sukses.

8 thoughts on “15+ Cara Cepat dan Kreatif Mendapatkan Income Online”

  1. Ternyata kalau serius dikerjakan, banyak sumber pemasukan yang bisa diperoleh dari blog ya. Selama ini saya mengandalkan content placement dan review saja.

    Hemmm harus banyak belajar lagi nih, biar pemasukan dari blog bisa optimal

  2. Banyak banget cara buat dapetin cuan dari blog ya Mba. Tinggal pilih sesuai dengan skill kita aja. Atau mau kolab dengan blogger lain juga oke. Kalo saya Untuk AdSense masih berjalan terlalu lambat, lebih tokcer job review…

  3. Saya punya adsense di blog tapi rupanya ga optimal bekerja. Pendapatan belum sampai seratus ribu kayaknya. Kalau sya pribadi pendapatan dr blog ini lumayan banget selain menambah income juga mengasah kemampuan menulis juga

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest