Smart Mockups, Cara Mudah Visualisasi Desain

Cara menggunakan Canva dan Smart Mockups.

Anda pembaca setia Menuliskan.com? Mungkin sudah tahu persis yaa kalau saya sering membahas tentang tips dan trik Canva di blog ini.

Dan jika Anda adalah konten kreator dan pengguna setia Canva, pasti sudah paham bagaimana menggunakan Canva untuk menciptakan desain-desain yang keren. Nah sekarang kita mau sedikit step up our game dan bermain-main dengan mockups.

Apa itu mockups? Mockups adalah suatu model atau prototype yang memungkinkan kita untuk menempatkan desain ke dalam object yang kita inginkan. Misal, kita sedang menulis sebuah buku dan sedang mengerkajan cover buku tersebut. Kita sudah bisa menawarkan pre-order buku menggunakan mockup, tidak perlu menunggu hingga buku selesai cetak.

contoh mockup buku

Beberapa contoh mockups selain buku.

mockups smartphone
mockups laptop

Di atas, saya mengedit beberapa image desain untuk menjadi tampilan cover smartphone.  Di bawah juga contoh mockups, tapi dengan object mug.

mockups mug

Sudah mulai paham tentang mockups kan ya? Mockups sering dianggap sebagai aplikasi atau apps khusus untuk pemula karena memang sangat gampang membuat mockups. Tapi jangan salah, banyak sekali para desain grafis professional yang masih menggunakan mockups. Ini karena mockups mudah digunakan, hemat waktu dan pastinya di jamin bebas stress.

Mengapa Butuh mockups untuk produk dan brand?

Mockup membantu visualisasi desain

Jika kita ingin membuat print logo brand di mug dan kemudian menjadikannya merchandise, kita membutuhkan mockups. Karena dengan mockups semua orang bisa melihat visual bagaimana nanti hasil akhirnya ketika logo di cetak di mug. Kita bisa mengutak atik warna, font maupun ukuran agar logo bisa tercetak dengan sempurna di mug. Gunakan Canva Pro untuk membuat desain yang cantik dan keren!

Menghemat Budget

Karena sudah bisa mengetahui bagaimana hasilnya jika desain dicetak di mug, maka kita tidak perlu menghabiskan banyak resources dan dana untuk sekedar coba-coba melihat bagaimana hasil realnya. Pastinya, ini akan sangat menghemat waktu dan dana. 

Meningkatkan produktivitas

Selain bisa menghemat uang, mockups juga bisa menghemat waktu. Yang artinya produktivitas meningkat karena waktu yang kita gunakan untuk membuat desain dan sampel menjadi lebih pendek.

Membuat desain untuk promosi

Kita juga bisa menggunakan mockups untuk brosur, banner blog, website pribadi, dan lain sebagainya. Dengan menambahkan mockups pada desain, kita akan mendapatkan hasil yang memiliki faktor ‘wow’. Selain itu desain juga tidak akan terlihat monoton.

Tertarik untuk menggunakan mockups? Tidak perlu install atau membeli software mockups yang mahal, karena Canva memiliki fitur mockups hasil kolaborasi dengan Smart Mockups

Baca juga: Visual Branding dengan Canva

Step by step membuat mockups di Canva

Langkah 1 : Tentukan Dimensi Desain

Seperti biasa, sebelum membuat desain kita harus menentukan platform dimana kita akan menggunakan desain tersebut. Apakah Instagram, Facebook, poster, A4, dll. Kita juga bisa memilih custom size atau ukuran pixel sesuai kebutuhan. Jika sudah selesai memilih ukuran desain yang sesuai, kita akan diarahkan ke halaman kosong untuk mulai membuat desain.

Langkah 2 : Masukkan Elemen

Masukkan elemen Canva yang ingin digunakan. Kita bisa memilih elemen yang tersedia di Canva atau bisa juga menggunakan foto yang di upload sendiri seperti logo brand atau foto produk. 

Langkah 3 : Membuat Mockups di Canva

cara membuat mockups canva

Klik gambar atau image yang akan digunakan sebagai mockups, akan muncul pilihan “ Edit Gambar” di bagian atas, klik pilihan tersebut.

Pilih desain mockups dengan cara sroll ke bawah sampai menemukan mockups yang sesuai. Bisa juga menggunakan bar pencarian atau search bar.

Jika sudah menemukan Smart Mockups, klik lihat semua. Ada banyak sekali pilihan mockups yang sudah disediakan oleh Canva dan Smart Mockups, seperti :

  • Smartphone
  • Laptop
  • Kartu nama
  • Kartu ucapan
  • Frame
  • Poster
  • Buku
  • Pakaian
  • Mug

Untuk memilih dan menggunakan mockups, cukup klik mockups, Canva akan langsung menampilkan hasilnya.

contoh hasil mockup

Ini contoh hasil mockups menggunakan Canva, cantik ya? 

Jika pilihan mockups yang ada di Canva belum ada yang sesuai dengan apa yang kita inginkan, bisa mencoba langkah berikut ini.

Baca juga: Cara Mencari Elemen Canva Menggunakan Kata Kunci

Langkah 4 : Membuat Mockups di Smart Mockups

Di Smart Mockups kita memiliki lebih banyak opsi template mockups. Lebih kerennya lagi, kita bisa langsung membawa desain Canva dan di upload langsung ke Smart Mockups cukup dengan langkah-langkah yang simple.

Klik tombol share. Cari pilihan Smart Mockups, jika tidak melihatnya, bisa gunakan search bar atau klik “See All ( Lihat Semua)” dan scroll sampai menemukan Smart Mockups.

smart mockups canva

Klik icon Smart Mockups lalu klik Connect. Akan muncul pop up dimana kita harus login dengan akun Smart Mockup. Jika belum memiliki akun, kita bisa login atau sign up menggunakan Akun Google atau Gmail.

connect akun canva ke akun smartmockups

Setelah melewati semua proses registrasi, kita bisa kembali ke halaman desain Canva dan klik icon Smart Mockups lagi.

Jika sudah yakin dengan desain yang kita buat, tekan tombol Save atau Simpan.

Setelah klik Simpan, akan muncul pop up seperti ini.

Klik: Lihat Di Smartmockups, kita akan diarahkan ke web Smart Mockups dengan desain yang sudah di mockups ke berbagai macam media object yang tersedia.

Pilih desain mockups yang ingin digunakan dari semua pilihan yang tersedia, atau bisa menggunakan search bar untuk mencari mockups yang dibutuhkan.

Langkah 5 : Mengedit dan Menyimpan

Smart Mockups memiliki fitur dimana kita bisa mengedit gambar maupun dan mengedit mockups.  Kita bisa mengedit dan mengatur letak posisi dan crop gambar agar lebih pas dan sesuai dengan ukuran object.

Setelah mengedit dan puas dengan hasilnya kita bisa menyimpan atau mendownload hasil desain tersebut. 

Contoh hasil mockups dengan Smart Mockups. 

EXTRA TIPS!!

Kita juga bisa lho menambahkan video di mockups di Canva. Caranya mudah, search kata kunci element mockups yang akan digunakan, misalnya, laptop atau phone mockup. Jika sudah menemukan mockup yang diinginkan, drag dan drop video yang dipilih ke dalam frame mockups. Bisa juga menambahkan elemen lain ke dalam desain.

Kesimpulan

Jadi, kita sudah sampai di akhir artikel, cukup panjang ya pembahasan mockups nya. Intinya, dengan menggunakan Canva, kita sangat bisa membuat semua desain digital bahkan print out (printed). Dengan Canva, “sky is the limit” alias kita bisa dengan mudah mendesain apapun yang kita inginkan.

Semoga artikel ini bermanfaat ya, dan semoga instruksinya cukup mudah untuk diikuti. Jika merasa ragu atau kesulitan dengan fitur Canva ini, jangan segan untuk tinggalkan komen, saya akan reply dengan senang hati.  

21 thoughts on “Smart Mockups, Cara Mudah Visualisasi Desain”

  1. Saya selalu pakai Canva untuk bikin image atau infografis di artikel. Biasanya mengandalkan template atau mock-up, karena lebih praktis dan punya pilihan design yang beragam.

    Reply
  2. Di Canva ada smart mockupsnya? Biasanya aku hanya menggunakan canva untuk mendesign gambar untuk kuposting sebagai penunjang artikel pada websiteku sih. Jadi, belum terlalu memanfaatkan mockups ini. Tapi anytime kalau mau desaign mug bisa nih pake smart mockups.

    Reply
  3. Adanya desain fitur mockups ini menguntungkan ya, meskipun bukan cetakan asli tapi bisa jadi visualisasi yang diinginkan. Selama ini saya hanya mengandalakan photoshop, ternyata pakai canva bisa juga yaa.

    Reply
  4. Saya juga pengguna setia canva dikarenakan skill mendesain masih basic banget. Memudahkan buat desain untuk mensupport konten tulisan. Menariknya dengan adanya mockups ini, sepertinya mulai tertarik untuk pelajari juga biar makin ngerti deh.

    Reply
  5. canva juga jalan ninja q saat butuh bikin2 konten, sebenarnya banyak banget fitur canva yang belum aq kulik. kayaknya aq mesti banyak belajar lagi ya kak

    Reply
  6. Wah ini yang saya cari. Kadang pengen nempel gambar lain di gambar layar laptop, tapi karena pengambilan gambar nggak pas, jadinya terasa aneh. ternyata bisa ya di canva, pakai fitur mockups. Jadi nggak sabar nih pengen utak atik praktek

    Reply
  7. dengan mockup desain bisa lebih tervisualisasikan lebih real. dan ini sangat bermanfaat bagi kita atau client, yang menginginkan desain yang akan diaplikasikan di sebuah product atau media.

    Reply

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.